MENGATASI KERUSAKAN DAN MENGAKALI KABEL POWER CASH LAPTOP YG SERING PUTUS

Posted by RAGAM TURUNGKA on Sunday, December 21, 2014

MENGATASI KERUSAKAN DAN MENGAKALI KABEL POWER CHARGER LAPTOP YG SERING PUTUS

MENGATASI KERUSAKAN DAN MENGAKALI KABEL POWER CHARGER LAPTOP YG SERING PUTUS
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabharakathu
Bismillahhirrahmanirrahim

Halo shobat.. gmana kabarnya? semoga baik.. semua dan tetap berada pada lindungan ALLAH SWT.

di postingan perdana saya ini, saya akan memberikan sedikit tips buat teman teman yang biasa mendapatkan permasalahan
pada cash atau charger laptop yg biasa mengalami kerusakan. terutama pada kabel power yg menghubungkan listrik pln ke cash atau charger laptop yg sering putus.

Kita sering mengalami kerusakan charger/cash laptop yg mengalami kaber power yg sering putus. yaitu kabel yg terhubung antara listrik dari PLN ke cash laptop. seperti pada gambar di atas.
seperti kita ketahui, pada soket cash laptop umumnya terdapat socket yg terdiri dari 3 pin, masing masing terhubung 3 kabel yang mempunyai fungsi berbeda. nah permasalahnya adalah kabel power tersebut selain sangat susah di temukan, juga memiliki harga yang relatif mahal. juga kualitasnya kita tidak tau. pengalaman saya, pada saat kabel cash laptop toshiba saya yang putus dan membelinya di salah satu toko yang ada di makassar, pada saat saya pasang, saya kaget kok lampu indikator pada charger laptop saya ngak nyala. ternyata setelah saya periksa dengan menggunakan avometer, ternyata kabel tersebut mengalami putus. pada saat saya gunting, ternyata dalam kabel tersebuat tak memiliki kawat sama sekali alias cuma pelapis kawat kabel saja. pantesan saja lampu indikator pada charger ngak nyala. pada hal harganya 30 ribu lho broo.. saya menyesal karna tidak mengetesnya terlebih dahulu di toko tersebut pada saat awal saya membelinya. saya pun kembali mencoba mencari dan membeli disekitar daerah saya ternyata kabel power 3 pin tersebut susah di temukan yang ada hanya kebel power yg memiliki socket 2 pin saja.. seperti gambar ini.
MENGATASI KERUSAKAN DAN MENGAKALI KABEL POWER CHARGER LAPTOP YG SERING PUTUS

pada hal yg  dichargerkan ada 3 dudukan pin pada socketnya seperti gambar dibawah ini
MENGATASI KERUSAKAN DAN MENGAKALI KABEL POWER CHARGER LAPTOP YG SERING PUTUS
nah setelah saya pusing keliling nyari kabel power yg mempunyai 3 pin ngak dapet, akhirnya saya membeli kabel power yang memiliki 2 pin tersebut knapa ternyata bagian atas pada cash laptop hanya berfungsi sebagai ground saja. yaaa... yg penting kan jalur kabel positif dan negatifnya tetap ada.. hehe..
setelah itu socket kabel power yg saya beli saya belah bagian tengahnya dengan menggunakan gunting seperti gambar dibawah ini. bisa juga pake pisau yg penting terbelah agar nantinya socket kabel powernya bisa masuk ke cash...

MENGATASI KERUSAKAN DAN MENGAKALI KABEL POWER CHARGER LAPTOP YG SERING PUTUS

MENGATASI KERUSAKAN DAN MENGAKALI KABEL POWER CHARGER LAPTOP YG SERING PUTUS
setelah itu pasang kabel power tersebut ke cash laptop anda dengan memperhatikan 2 lubang yang berada di kabel power tersebut..
MENGATASI KERUSAKAN DAN MENGAKALI KABEL POWER CHARGER LAPTOP YG SERING PUTUS
setelah selesai colok kembali pada listrik anda. dan taraaa.... cash atau charger laptop kembali bisa berjalan seperti fungsinya....

nah itulah cara atau tips memperbaiki dan mengakali kabel power charger yang putus berdasarkan pengalaman agar bisa kembali di gunakan..

Semoga artikel yang saya sajikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat buat teman teman yang mencari  solusi tentang kabel power charger yang sering putus..

WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKHATHU












Blog, Updated at: 5:09 PM

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Total Pageviews

Powered by Blogger.